REVISI KURIKULUM PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH

Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah melakukan beberapa penyesuaian melalui merevisi kurikulum secara menyeluruh. Namun, telah beberapa kali melaksanakan penyesuaian kurikulum yang hanya terkait dengan perubahan jumlah SKS dan batasan isi. Dengan demikian Prodi Pendidikan Fisika perlu melakukan sinkronisasi kurikulum sesuai dengan kualifikasi KKNI (Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia) untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Mekanisme pelaksanaan kegiatan Workshop Kurikulum ini dilakukan melalui: 1.) Workshop diawali dengan penjelasan tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) oleh Pakar (narasumber); 2.) Pemaparan Kurikulum Prodi Pendidikan Fisika yang berlaku selama ini oleh Ketua Prodi Pendidikan Fisika; 3.) Para peserta melakukan Workshop Kurikulum Prodi Fisika didampingi oleh pakar; 4.) Pemaparan draft  rencana revisi kurikulumnya oleh masing-masing kelompok kerja. Peserta dalam workshop ini adalah Dosen Prodi Pendidikan Fisika berjumlah 21 orang, Guru Fisika tingkat SMA 5 orang,  admin dan laboran Lab Fisika 4  orang. Dengan demikian, maka jumlah peserta workshop ini adalah 30 orang. Kegiatan workshop ini dilaksanakan pada tanggal 26-28 Agustus 2015. Kegiatan workshop kurikulum dilakukan sesuai dengan SK Pejabat Pembuat Komitmen Nomor: 101-BOPTN tahun 2015 tanggal 20 Agustus 2015. Pemateri workshop adalah Dr. Ida Kaniawati, M.Si dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Workshop Kurikulum Prodi Pendidikan Fisika dilaksanakan di Ruang Telleconference  Lantai II FKIP Unsyiah Banda Aceh. Workshop dibuka pada tanggal 26 Agustus 2015 pukul 09.00 WIB oleh pembantu dekan I Dr. M.Hasan, M.Si. Kemudian dilanjutkan penyampaian materi oleh Dr. Ida Kaniawati, M.Si tentang sosialisasi kurikulum yang mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), sosialisasi Pedoman pengembangan kurikulum LPTK, sosialisasi perumusan Planning Learning Outcome (PLO) atau capaian pembelajaran program  Studi, dan Course Learning Outcome (CLO) capaian pembelajaran matakuliah serta dilanjutkan dengan workshop penyusunan PLO, CLO dan pemetaan matakuliah.
Hari kedua tanggal 27 Agustus 2015 dimulai pukul 08.30 WIB dengan agenda kegiatan lanjutan workshop penyusunan PLO, CLO dan pemetaan matakuliah, dilanjutkan dengan relevansi matakuliah.
Hari ketiga tanggal 28 Agustus 2015 kegiatan dimulai pukul 8.30 dengan agenda pemaparan presentasi masing-masing kelompok hasil penyusunan PLO, CLO dan pemetaan matakuliah. Kegiatan diakhiri dengan penutupan pada pukul 17.30 WIB.

864 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

One thought on “REVISI KURIKULUM PENDIDIKAN FISIKA FKIP UNSYIAH

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + 19 =