Skip to main content
x

Kurikulum

Capaian Pembelajaran dan Kompetensi (Utama, pendukung dan lainnya)

Capaian pembelajaran dan Kompetensi Jurusan Pendidikan Fisika  meliputi ranah sikap, ranah keterampilan umum, ranah keterampilan khusus dan ranah pengetahuan.

 

A.  Ranah Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.

 

B.  Ranah Keterampilan Umum

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;
  10. Mampu  mengelola pembelajaran secara mandiri;
  11. Mampu berkomunikasi lisan dan tulis secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat.

 

C.  Ranah Keterampilan Khusus

  1. Mampu memecahkan masalah iptek di bidang pengelolaan dan pemanfaatan Sains Fisika melalui prinsip-prinsip pengorganisasian sistematika, memprediksi, menganalisis data, informasi dan bahan sains, serta penerapan teknologi yang relevan;
  2. Mampu mengaplikasikan keilmuan Fisika agar bermanfaat bagi dirinya sendiri dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari;
  3. Mampu menyajikan alternatif solusi terhadap masalah bidang pengelolaan dan pemanfaatan Sains Fisika dalam lingkup spesifik, yang dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan secara tepat;
  4. Mampu menyiapkan, menangani, dan mengelola Sains Fisika dalam lingkup spesifik;
  5. Mampu menyajikan alternatif solusi sebagai dasar pengambilan  keputusan yang  tepat khususnya pengelolaan dan pemanfaatan Sains Fisika melalui penerapan pengetahuan, metode fisika dan teknologi yang relevan sehingga dapat  memecahkan masalah Fisika;
  6. Mampu mengembangkan kemanfaatan keilmuan Fisika untuk diaplikasikan pada lingkup kehidupan sehari-hari yang bermanfaat bagi masyarakat;
  7. Mampu menemukan dan menganalisis masalah/fenomena Fisika dengan  pendekatan teknologi berdasarkan kajian Sains dan teknologi terkini;
  8. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran kurikuler, kokurikuler dan ekstra kurikuler, dengan pendekatan pembelajaran siswa aktif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar, media pembelajaran berbasis iptek, dan potensi lingkungan setempat, sesuai standar proses dan mutu;
  9. Mampu menerapkan pedagogi spesifik untuk menerapkan konsep Fisika dengan mempertimbangkan sifat karakteristik konsep dan pedagogi yang tepat sebagai implementasi techno pedagogical content knowledge (TPCK);
  10. Mampu mengkreasi praktik-praktik pembelajaran Fisika yang inovatif dan kreatif dengan berbasis kearifan lokal dan agroindustri dengan memanfaatkan IPTEK;
  11. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran;
  12. Mampu melakukan evaluasi proses pembelajaran menggunakan penelitian tindakan kelas (action research);
  13. Mampu merencanakan dan mengelola sumber daya dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif;
  14. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data dalam penyelenggaraan kelas, sekolah, dan lembaga pendidikan yang menjadi tanggung jawabnya;
  15. Mampu melakukan kajian terhadap masalah mutu, relevansi, dan akses di bidang pendidikan, dan menyajikan pilihan terbaik dari solusi yang telah ada untuk dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan;
  16. Mampu mengkaji dan mengembangkan berbagai metode pembelajaran yang telah tersedia secara inovatif dan teruji;
  17. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam lingkup pembelajaran Fisika berdasarkan karakteristik dan potensi siswa sehingga diperoleh hasil belajar yang optimal;

 

D.  Ranah Pengetahuan

Capaian pembelajaran Jurusan (PLO) dan capaian mata kuliah (CLO) diantaranya adalah :

    1.  

            1.  Mata Kuliah Elektronika Dasar (FIS 207)


                PLO 1      :  Menguasai konsep dasar elektronika dalam menyelesaikan masalah elektronik dalam

                                   kehidupan sehari-hari.

               CLO         : 1.1  Mengetahui     komponen    -    komponen elektronika dasar.

               CLO         : 1.2 Mengklasifikasi  komponen   elektronika berdasarkan kategorinya.

               CLO         : 1.3  Memahami rangkaian AC dan DC

               CLO         : 1.4  Mampu    menentukan    komponen  Aktif   dan Pasif

               CLO         :  1.5  Memahami rangkaian elektronika seri dan paralel, berdasarkan komponen elektroniknya.

 

            2.  Mata Kuliah  Fisika Dasar I (FIS 109)


                 PLO 2      :  Menguasai konsep dasar Kinematika, dinamika, energi,momentum, mekanika fluida kalor,

                                    gelombang dan optika.

                 CLO         :  2.1 Menganalisis persoalam berkaitan dengan mekanika benda

                 CLO         :  2.2  Menguasai hukum dasar berkaitan dengan gerak benda dan mengaplikasikan dalam

                                      kehidupan sehari-hari

                 CLO         :  2.3  Menganalisis sifat-sifat gelombang dan mengkaitkannya dala kejadian sehari-hari

 

            3. Mata Kuliah Alat Ukur dan Pengukuran (FIS 112)


                 PLO 3      :  Menguasai konsep dasar pengukuran, terampil dalam penggunaan alat ukur untuk menunjang

                                    eksperimen di laboratorium. 

                CLO         :  3.1  Memahami prinsip kerja alat-alat ukur fisika

                CLO         :  3.2  Terampil menggunakan alat ukur analog dan alat ukur digital

 

             4.  Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika (Fis 212)


               PLO 4      :  Mahasiswa memiliki wawasan dan pengetahuan yang mendalam mengenai strategi,

                                  pendekatan, metoda, dan model-model pembelajaran Fisika.

               CLO         :  4.1  Memahami berbagai metode dan strategi pembelajaran serta karakteristiknya

               CLO         :  4.2  Menerapkan model atau strategi pembelajaran yang cocok dengan karakteristik

                                          materi ajar.

 

             5. Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Fisika (Fis 216)


               PLO 5      :  Mahasiswa mampu menjelaskan prinsip dan prosedur asesmen,  merancang dan melaksanakan

                                  asesmen, dan memanfaatkan  hasil asesmen yang relevan dengan tuntutan kurikulum fisika

                                  yang berlaku. 

               CLO         :  5.1  Mampu membuat rancangan tes hasil balajar bidang studi, kisi-kisi soal dan tingkat

                                          kesukaran.

               CLO         :  5.2  Mampu menyususn alat evaluasi dan melakukan penilaian terhadap   hasil belajar​​​​​​​

 

              6.  Mata Kuliah Statistik Dasar (FIS 203)


                  PLO 6      :  Mahasiswa  menguasai dasar-dasar statistika dan mampu mengaplikasikannya untuk

                                     keperluan pengolahan data dalam  mata kuliah lain dan  tugas akhir / Skripsi

                 CLO         :  6.1  Dapat menganalisis dengan menggunakan statistik

                 CLO         :  6.2  Terampil menggunakan statistik untuk mengolah data penelitian dan Seterusnya.