Sejarah Program Studi Pend. Fisika FKIP Unsyiah

gedung-fkip-2

Cikal bakal Prodi Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah adalah pendirian Jurusan Ilmu Pasti  tanggal 20 Juni 1961 dan pembukaan perdananya pada tanggal 2 September 1961 bertepatan dengan hari jadi Universitas Syiah Kuala. Berdasarkan surat Keputusan Menteri PTIP No. 55/1964, FKIP Unsyiah berubah menjadi IKIP bandung Cabang Banda Aceh dan seiring dengan perubahan tersebut jurusan Ilmu hayat dan Jurusan Ilmu hayat dan Ilmu Pasti melakukan merger menjadi Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta dengan dua jurusan yaitu Jurusan Ilmu Pasti dan Jurusan Ilmu Hayat.

Pada tanggal 4 September 1968 IKIP Bandung Cabang Banda Aceh kembali diintegrasikan kedalam Universitas Syiah Kuala menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Keguruan. Perubahan ini memekarkan Jurusan Eksakta menjadi  Jurusan Matematika dan Jurusan Ilmu Hayat. Pada tahun 1971 lahir jurusan Ilmu Alam bernaung dibawah Fakultas Keguruan (FKg).

Kepres No. 16/1982 dan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 84/1983 menyatukan Fakultas Ilmu Pendidikan dan Fakultas Keguruan menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)  pada tehun akademik 1984/1985. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 0534/0/1983 Jurusan Fisika beserta dengan Jurusan Biologi dan Jurusan Matematika digabung menjadi Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA). Jurusan PMIPA membawahi empat Prodi yaitu Prodi Pendidikan Fisika, Prodi Pendidikan Biologi, Prodi Pendidikan Matematika dan Prodi baru yaitu Prodi Pendidikan Kimia.

Meskipun termasuk yang tertua di kalangan FKIP Universitas Syiah Kuala, namun perkembangan Prodi Pendidikan Fisika dalam bidang akademik  tergolong lambat. Saat ini Prodi Pendidikan Fisika memiliki 23 dosen tetap dengan jenjang pendidikan S1 sebanyak 4 orang (2 orang sedang S2), S2 sebanyak 17 orang (3 orang sedang S3),  dan S3 sebanyak 2 orang.

Manajemen Prodi Pendidikan Fisika masih belum normatif dan pengelolaan administrasi akademik sebagian besar dikelola oleh fakultas. Hingga saat ini pengelolaan dana opersional Prodi Pendidikan Fisika sepenuhnya masih berada pada tingkat fakultas.

 

559 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini